GfWlGUW8TfGiBSGiTUW0GfGlGA==

Content Writer : Upaya Membangun Karier di Dunia Digital untuk Lebih Dekat Dengan Keluarga


Image by pikisuperstar on Freepik


"Pilih pekerjaan atau keluarga?"

Berkembang pesatnya era digital telah mengubah banyak struktur dan lini kehidupan. Tidak terkecuali dalam hal pekerjaan.

Di era digital saat ini pekerjaan telah banyak bergeser menjadi serba digital. Kemajuan teknologi telah mendorong kemudahan bekerja yang tidak lagi terpaku tempat dan waktu.

Era digital telah menawarkan fleksibilitas dalam bekerja. Seseorang tidak lagi mengharuskan dirinya bekerja dengan pergi ke kantor saat pagi hari dan pulang ketika sore hari.

Kini seseorang bisa bekerja di mana pun dan kapan pun. Pesatnya perkembangan teknologi sejalan dengan penawaran karier di dunia digital yang makin beragam.

Berkarier di dunia digital memiliki keunggulan dan kelebihan tersendiri. Salah satu kelebihan yang ditawarkan ketika berkarier di dunia digital adalah kedekatan dengan keluarga.

Fleksibilitas waktu sebagai salah satu keunggulan berkarier di dunia digital mendorong seseorang untuk bekerja dengan sistem remote atau biasa kita kenal dengan istilah WFH (Work From Home).

Mungkin kamu bertanya-tanya, apa saja pilihan karier di dunia digital?

Banyak bidang yang bisa kamu pilih ketika hendak memutuskan untuk berkarier di dunia digital, diantaranya; data science, data analyst, web developer, social media specialist, copywriter, content writer, dan masih banyak lagi.

Pilihan karier di dunia digital menjadi keputusan yang tepat saat kamu dibayang-bayangi oleh dilema antara karier dan kehangatan keluarga.

Kamu tidak lagi harus dihantui rasa takut memilih satu di antara dua pilihan. Kamu bisa memilih keduanya sekaligus.

Content Writer, Skill Dasar yang Dimiliki Semua Orang

Setelah mengetahui beragam karier di dunia digital, kini saatnya kamu memilih.

Mungkin dalam hati kamu bertanya-tanya, apa karier paling cocok yang mudah dipelajari dan dikuasai serta menjanjikan ke depannya?

Jawabannya adalah menjadi content writer

Apa itu content writer? Sederhananya, content writer adalah penulis konten atau orang yang memproduksi konten berbentuk tulisan.

Menjadi content writer adalah menjadi seorang yang mampu memproduksi sebuah tulisan berbentuk opini, artikel, blog, berita, caption di sosial media, dan lainnya. Dan proses dalam menulis konten disebut dengan content writing.

Tujuan dari content writing adalah membuat sebuah tulisan yang bersifat informatif dan persuasif. Bersifat edukasi dan mengajak. Juga bisa ditujukan untuk penyampaian informasi sebuah produk dan layanan dari sebuah perusahaan.

Skill yang dibutuhkan untuk menjadi content writer tidak terlalu kompleks. Hal utama yang harus kamu kuasai adalah menulis. Suatu skill yang sudah kamu pelajari sedari kecil setelah membaca.

Menulis adalah skill dasar yang dimiliki semua orang. Kamu hanya perlu mengasah skill menulismu menjadi tulisan yang enak dibaca.

Bagaimana Cara Menjadi Content Writer

Menjadi content writer tidaklah susah, tidak juga mudah. Hal utama yang harus kamu miliki adalah kesungguhan dan ketekunan. Suatu aset yang akan menciptakan konsistensi dan kemauan untuk terus berkembang.

Tidak ada standar dan panduan khusus untuk menjadi seorang content writer. Namun, setidaknya beberapa hal berikut bisa menjadi acuan bagi kamu dalam belajar content writing.

1. Meningkatkan Kemampuan Menulis

Menulis adalah kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh content writer. Namun, tidak cukup hanya asal bisa menulis. Kamu perlu mengasah kemampuan menulismu sehingga tulisan yang kamu hasilkan menarik dan enak di baca.

Asah dan pertajam kemampuan menulismu dengan rajin membaca dan terus berlatih menulis. Jangan lupakan belajar tentang ejaan, tata bahasa, dan gaya menulis untuk menghasilkan tulisan yang baik dan berkualitas.

2. Kuasai Skill Riset

Riset merupakan langkah penting bagi seorang content writer dalam membuat sebuah tulisan. Riset diperlukan agar tulisan yang kamu buat mengandung informasi dan data yang valid.

Selain itu, tujuan dari riset adalah untuk mengetahui minat dan kebutuhan pembaca. Agar kemudian konten yang kamu hasilkan sangat relevan dan sangat kekinian.

Dengan riset yang tepat kamu akan menghasilkan tulisan yang bernilai bagi pembaca serta memenuhi tujuan yang kamu inginkan.

3. Mempelajari Teknik SEO

Tulisan yang menerapkan kaidah SEO (Search Engine Optimation) di dalamnya mempunyai peluang lebih besar untuk berada di halaman pertama mesin pencari atau search engine.

Ketika kamu mampu memaksimalkan teknik SEO yang mencakup keywordsmeta data, dan hyperlink, maka tulisan yang kamu buat akan lebih mudah ditemukan oleh orang-orang di internet.

4. Membangun Portofolio

Cara terbaik untuk menunjukkan skill dan keterampilan yang kamu miliki adalah dengan membuat portofolio content writer. Kamu bisa menunjukkan tulisan terbaikmu sebagai bukti kemampuan dan kredibilitasmu di bidang tersebut.

Kamu bisa membuat blog atau website, membuat tulisan untuk media daring atau bahkan membuat ebook sebagai bentuk portofoliomu.

Untuk blog kamu bisa memanfaatkan platform media seperti blogger, wordpress, medium dan lainnya.

5. Bergabung Dengan Komunitas

Bergabunglah dengan komunitas untuk mendapatakan pengalaman dan wawasan baru seputar content writer. Di sana kamu bisa belajar dari pengalaman orang lain dan saling berbagi tulisan. Jika beruntung, mungkin dari komunitas tersebut kamu akan mendapatkan tawaran project atau pekerjaan.

Keuntungan Menjadi Content Writer dan Upaya Membangun Kedekatan dengan Keluarga

Ketika kamu telah memutuskan untuk menjadi content writer. Namun, di dalam hatimu masih ada perasaan ragu dan bimbang terkait keuntungan atau kelebihannya.

Berikut adalah 5 keuntungan menjadi content writer dan bagaimana manfaatnya dalam upaya membangun kedekatan dengan keluarga. Simaklah agar keraguanmu menjadi sirna!

1. Kebebasan dan Fleksibilitas

Menjadi seorang content writer membuat kamu bebas dalam menentukan waktu dan tempat kerja. Sehingga kamu bisa mengatur ritme kerjamu sesuai dengan kebutuhan keluarga.

Bekerja dari rumah memungkinkan kamu untuk terus dekat dan menghabiskan banyak waktu bersama anggota keluarga. Kamu bisa membangun momen-momen berhargamu di rumah.

2. Penghasilan yang Menjanjikan

Profesi sebagai content writer menawarkan potensi penghasilan yang cukup menarik. Dengan skill yang mumpuni, serta kuantitas dan kualitas tulisan yang baik dapat menghasilkan pendapatan yang fantastis.

Apalagi di era sekarang kebutuhan akan seorang content writer terus meningkat. Membekali dirimu dengan keterampilan dan kemampuan yang mumpuni, ini adalah peluang besar yang harus kamu ambil.

3. Jendela Pengetahuan

Dunia content wirter itu luas dengan beragam topik tulisan. Setiap project tulisan yang dibuat akan memberikan kamu pengalaman dan wawasan baru.

Beragam riset yang kamu lakukan untuk membuat tulisan yang berkualitas secara tidak langsung meningkatkan pengetahuan kamu terkait topik yang ditulis.

Kamu tidak akan lepas dari kegiatan membaca, mendengar, menggali informasi serta peka terhadap isu-isu sekitar untuk memperkaya tulisanmu.

4. Menebar Manfaat dan Inspirasi

Tidak hanya sebagai profesi, menjadi content writer juga bermanfaat bagi orang lain. Setiap informasi yang kamu tulis dari hasil riset yang tepercaya akan menghindarkan pembaca dari informasi hoax dan tidak benar.

Tulisan yang kamu buat juga bisa menjadi rujukan bagi banyak orang terkait produk dan layanan dari sebuah perusahaan.

Teruslah membuat konten yang berkualitas. Bukan tidak mungkin konten yang kamu buat bisa menjadi sumber inspirasi, motivasi, edukasi, dan informasi bagi banyak orang.

5. Membangun Kedekatan dengan Keluarga

Dengan berkarier di dunia digital sebagai content writer, kamu tidak harus kehilangan banyak waktu dan momen berharga bersama keluarga.

Setidaknya dengan menjadi seorang content writer kamu memiliki beberapa keuntungan dalam upaya membangun kedekatan dengan keluarga, diantaranya:


a. Fleksibilitas waktu kerja yang kamu miliki memungkinkan kamu untuk menghabiskan waktu lebih banyak bersama keluarga.
 
b. Bekerja dari rumah membuat kamu tidak kehilangan momen-momen berharga bersama keluarga. Kamu tetap bisa memantau tumbuh kembang anggota keluarga. Utamanya bagi kamu yang telah memiliki buah hati.

c. Sesekali kamu bisa melibatkan keluarga dalam pekerjaanmu. Jadikanlah mereka sebagai pembaca pertama dan mintailah pendapat terkait tulisanmu. Kamu juga bisa meminta bantuan mereka untuk riset, editing dan proofreading

d. Menjadi role model bagi keluarga. Kamu bisa menjadi contoh bagi seluruh anggota keluarga bahwa kamu bisa membangun karier menjanjikan tanpa harus kehilangan banyak waktu dan kedekatan bersama dengan mereka.


***

Dengan beragam keuntungan dan manfaat yang ditawarkan. Apakah kamu makin tertarik untuk berkarier sebagai content writer?

Bayangkan kamu memiliki karier yang cemerlang tanpa harus kehilangan kehangatan bersama keluarga. 

Bayangkan setiap hari setiap waktu kamu bisa terus memandangi wajah-wajah mereka, berinteraksi dengan mereka. Bercanda riang bersama. Bayangkanlah...

Apakah kamu tidak ingin keluar dari dilema antara pekerjaan dan keluarga?

Sekaranglah saatnya kamu menentukan keputusanmu.

0Komentar

Special Ads
Special Ads